Senin, 01 Februari 2016

Penyembelihan Hewan

            Sumber makanan manusia terdiri dari dua macam, yaitu nabati dan hewani. Islam mendidik umatnya agar mengkonsumsi makanan yang halal, baik yang berasal dari nabati maupun hewani. Kehalalan tersebut meliputi dua perkara, yaitu halal dzatnya (memang asalnya hewan yang halal) dan halal pula cara memperolehnya. Apabila hendak memanfaatkan daging hewan, kita wajib untuk menyembelihnya terlebih dahulu dengan tatacara yang dituntunkan oleh Rasulullah saw.
1.      Ketentuan-ketentuan penyembelihan hewan
a.     Alam ini (termasuk hewan) dicipta Allah Swt. Untuk kepentingan manusia. Manusia dipersilakan mengambil manfaatnya, namun wajib bersyukur dengan cara memanfaatkan alam sesuai dengan petunjuk agama.
Hewan yang hendak kita manfaatkan dagingnya harus kita sembelih terlebih dahulu dengan menyebut nama-Nya. Menyembelih hewan dengan menyebut nama-Nya berarti memohon restu kepada Allah untuk mengambil manfaat tersebut.
Manusia harus menyadari hal ini, kerana hanya Allahlah sebenarnya yang menghidupkan makhluk dan hanya Allah pula yang berhak untuk mematikannya.
b.     Cara penyembelihan hewan
Yang dimaksud menyembelih hewan ialah mematikan hewan tersebut dengan cara memotong sebagian urat lehernya agar dapat mati. Penyembelihan hewan harus dengan pisau atau alat lain yang tajam dan dilakukan pada pangkal leher agar cepat mati dan tidak tersiksa.
Rasulullah saw. Bersabda :
“Apabila kamu membunuh, hendaknya kamu bunuh dengan cara yang baik dan jika kamu menyembelih hendaknya kamu sembelih dengan cara yang baik pula. Hendaknya kamu pertajam pisaumu dan tepatkan pada lehernya”. (H.R. Ahmad dan Muslim serta Ashhabussunan).

Hewan yang berleher panjang hendaknya disembelih pada pangkal lehernya. Hal ini dimaksudkan agar pisau tidak mudah bergeser sehingga urat leher cepat terputus. Hewan yang tidak dapat disembelih pada lehernya boleh dilukai pada bagian mana saja asalkan cepat mati.

Rasulullah saw. Bersabda :
“Dari Abi Usyara’ dari ayahnya, ia berkata: ”Saya telah bertanya kepada Rasulullah saw.” Tidak sahkah menyembelih selain di kerongkongan pada pangkal leher? “Beliau menjawab: “Kalau engkau lukai pahanya, maka cukuplah memadai bagimu”. (H.R. Jama’ah).

Dari hadits di atas, contoh yang dikemukakan Rasul dapatlah disimpulkan sebagai berikut.
1)    Menyembelih hendaknya memotong dua urat di sebelah kanan dan kiri leher agar cepat mati.
2)    Binatang yang berleher panjang, penyembelihan dilakukan pada pangkal leher.
3)    Hewan hendaknya dibaringkan ke sebelah tulang rusuknya yang kiri agar mempermudah penyembelihan.
4)    Hewan yang disembelih  hendaknya dihadapkan ke kiblat.
5)    Menyembelih hewan harus dengan menyebut nama Allah (sebagian ulama tidak mewajibkan asalkan penyembelihan muslim).
6)    Alat yang digunakan untuk menyembelih hendaknya dipertajam agar dapat mengurangi kadar sakitnya.
c.      Hewan yang disembelih
Sebagai seorang muslim harus selalu memperhatikan makanan yang dikonsumsi, apakah halal ataukah haram. Bila menyembelih hewan hendaknya hewan-hewan yang halal, baik zatnya maupun cara memperolehnya. Sekalipun halal zatnya, namun apabila diperoleh dengan jalan yang haram, maka haram pulalah hewan tersebut untuk dimakan. Batas halal dan haramnya hewan untuk dikonsumsi telah dijelaskan oleh Allah dalam firman-Nya sebagai berikut :
“Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah (yang mengalir), daging babi, hewan yang disembelih atas nam selain Allah, yang diterkam binatang, mati dicekik, yang mati dipukul, yang mati terjatuh, yang mati tertanduk binatang buas, kecuali jika sempat kamu sembelih dan (diharamkan pula) hewan yang disembelih untuk berhala”. (Q.S. Al-Maa-idah: 3).

Dari ayat di atas dapat kita ketahui bahwa yang haram untuk dikonsumsi ada empat golongan, yakni
1)    Bangkai (kecuali bangkai ikan dan belalang). Termasuk pengertian bangkai ialah hewan yang mati karena dipukul, ditanduk, jatuh, dicekik, yang diterkam binatang buas (kecuali bila sempat disembelih sebelum mati) dan hewan yang disembelih untuk berhala (misal untuk tumbal).
2)    Darah yang mengalir (membasahi pisau saat disembelih)
3)    Danging, tulang, dan kulit babi
4)    Hewan yang disembelih dengan menyebut nama selain Allah.
2.      Penyembelihan secara tradisional dan mekanik
                     Yang dimaksud penyembelihan hewan secara tradisional ialah penyembelihan yang dilakukan dengan tangan manusia seperti yang kita ketahui selama ini. Dalam penyembelihan tradisional lazimnya binatang yang akan disembelih dirobohkan terlebih dahulu, baik dalam keadaan diikat kakinya atau tidak, kemudian baru dilakukan penyembelihannya. Biasanya alat yang digunakan adalah pisau.
                           Adapun penyembelihan secara mekanik ialah penyembelihan secara modern, yang biasanya dalam jumlah besar. Hewan yang akan disembelih akan digiring terlebih dahulu kedalam ruangan yang dipenuhi dengan gas. Hewan yang telah dimasudkan ke dalam ruangan tidak sadarkan diri, namun masih hidup. Dalam penyembelihan seperti ini hewan tidak tersiksa, baik ketika akan dan selama penyembelihan berlangsung.
                           Para ulama berselisih paham tentang memakan daging sembelihan (baik mekanik maupun tradisional) bila penyembelihan tidak membaca basmallah, walaupun penyembelih beragama Islam. Sebagaimana mereka mengatakan bahwa sekalipun penyembelihannya muslim namun tetap wajib membaca basmallah. Landasan hukum yang digunakan ialah sabda Rasulullah saw. Sebagai berikut :
“Bacalah/sebutkan nama Allah atasnya dan makanlah!”. (H.R. Bukhari Muslim, Nasa’i, dan Ibnu Majah dari ‘Aisyah).
                           Hadits di atas sebagai jawaban terhadap seorang sahabat yang menanyakan hukum memakan sembelihan yang tidak diketahui bagaimana cara penyembelihannya.

                           Dengan demikian, apabila kita belum tahu persis cara penyembelihannya dan juga asal usul hewan sembelihan tersebut, maka cukuplah kita membaca basmallah ketika hendak dimakan.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar